SEA Games 2017 - Indonesia Berpeluang Dulang Emas dari Atletik-Renang

NEWSPAPER.CO.ID: KUALALUMPUR - Kontingen Indonesia hingga hari ketujuh pelaksanaan SEA Games 2017, Jumat, masih tertahan di posisi lima klasemen sementara dengan raihan 19 medali emas, 24 medali perak dan 40 medali perunggu.

Tuan rumah Malaysia masih bertengger di posisi puncak dengan 63 medali emas, 45 medali perak dan 39 medali perunggu disusul Vietnam dengan 37 medali emas, 25 medali perak dan 32 medali perunggu.

Meski demikian, peluang Indonesia untuk meraih medali emas masih terbuka, antara lain dari cabang atletik dan renang yang memperebutkan 16 medali emas. 

Tim renang Indonesia yang sudah menyumbang dua emas dari I Gede Siman Sudartawa dan Triady Fauzi. Indra Gunawan dan Triady Fauzi yang diharapkan menjadi tulang punggung kontingen Indonesia yang dipimpin oleh Aziz Syamsuddin itu.

"Saya puas dengan mampu meraih emas. Hasil kerja keras berlatih selama ini berhasil. Semoga seterusnya mampu meraih hasil terbaik," kata Triady.

Di lintasan lari Stadion Bukit Jalil, juga ada medali emas yang bisa direbut. Setelah sukses mengumpulkan dua emas dari Hendro dan Triyaningsih, kontingen Indonesia masih berpeluang meraih emas dari beberapa nomor atletik seperti lompat jauh putri lewat Maria Londa.

Triyaningsih yang sukses di nomor 10 meter juga akan mengikuti lomba di nomor 5.000 meter dan Agus Prayogo yang akan turun di nomor 10 meter. Selain itu ada peluang meraih medali dari nomor lari 4X100 meter putra hingga heptathlon lewat Emilia Nova.

Tim tenis juga berpeluang meraih emas setelah atlet andalan Christopher Rungkat lolos ke final, yang akan menghadapkannya dengan wakil Thailand, Jirat Navasirisombon.

"Saya sendiri optimistis mendapatkan medali emas. Menurut saya Wishaya yang saya hadapi di semifinal yang paling berat di nomor tunggal," kata Christo.

Peluang meraih emas juga masih tersisa di cabang pencak silat. Pasangan Ririn Rinasih dan Riska Hermawan diharapkan membawa hasil terbaik dari pencak silat. 

Dari cabang permainan, tim bola voli putri Indonesia akan menghadapi Myanmar. Sedangkan tim bola basket akan bertanding menghadapi Thailand. 

Sementara di futsal, timnas putri bakal menghadapi Thailand, sedangkan putra bakal menghadapi Vietnam di Panasonic Sport Complex Shah Alam.

Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2017