Jika Agus Arifin Nu’mang Dengan Tanribali Lamo Berpasangan,”Begini Kata Tokoh Masyarakat”.

WARTASULSEL.COM: MAROS -Wawancara langsung oleh salah satu tokoh masyarakat dikabupaten Maros dan Kabupaten Pangkep oleh salah satu wartawan tentang adanya pemberitaan dimedia tentang bakal calon pendamping pak Agus arifin Nu'mang .Menurut salah satu tokoh masyarakat kabupaten Maros bapak Anca"Menurut saya yang yang pernah dengar,Tanri adalah lulusan Akademi Militer (Akmil) tahun 1974 seangkatan dengan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Letjen Agustadi Sasongko Purnomo, mantan KSAD Jenderal (Purn) Ryamizard Ryacudu dan mantan Pangkostrad Letjen (Purn) Prabowo Subianto. Tanri adalah putra mantan Gubernur Sulsel Achmad Lamo.Karir militernya diawali di Kodam Siliwangi tahun 1975. Setelah itu, dia kembali ke kampung halaman ketika ditugas di Kodam Hasanuddin mulai tahun 1976 hingga 1982.

Tahun 2001, Tanri naik pangkat menjadi brigadir jenderal dan menjabat sebagai wakil asisten personel KSAD. Tahun 2003, suami dari Rasthina Dewi ini menjabat sebagai asisten personel KSAD dengan pangkat mayor jenderal,pengalamannya ini bisa diandalakan ditambah lagi pernah menjabat sementara provinsi Sulsel,jadi wajar saja kalau dia pantas mendampingi pak Agus yang juga dibilang karakternya tidak jauh beda",ujar Anca.

Sementara itu salah satu tokoh masyarakat di Kabupaten Pangkep bapak Ramli menurutnya "wakil Gubernur yang sekarang ini bapak Agus ,pernah teman saya bilang saat lagi santai .Pak Agus insinyur pertanian dengan gelar master sains di bidang yang sama. Dia lalu berkarier jadi dosen, sebelum mundur penuh untuk berpolitik.

Mendiang bapaknya, Kolonel (purn) Arifin Nu’mang adalah kepala daerah yang melambungkan nama Sidenreng Rappang, Sidrap, Sulsel sebagai salah satu lumbung beras besar di bagian timur Indonesia, awal dekade 1980-an.

Awal Juli 2007, bersama dua anak lelakinya yang belum lagi remaja, Agus kembali merubut jasa-jasa mendiang bapaknya memajukan sektor pangan kabupaten berjarak 189 km dari kota provinsi.

Di hadapan puluhan tokoh dan ratusan warga, wakil Gubernur  Sulsel ini berjanji, meneruskan visi mulia ayahnya.

Di mata jurnalis politik tertentu, Agus mengesankan diri politisi dingin. Berpenampilan rapi ciri khasnya. JIka bertutur, kata dan kalimat terukur. Karena berbasis fakta dan data, Gagasan politik selalu aktual dan analitik.

Itulah yang mengkonfirmasikan, dia kawan bicara yang enak.Jadi sangat dibutuhkan oleh warga Sulsel jadi sangat cocok jika ia berpasangan dengan pak TBL,pasti perubahan besar di Sulsel bisa Hebat",ujar Ramli.

Herman/Ahmad